Rabu, 04 Juli 2012

Pondok Pesantren Daar El Qolam

Sigap (Rabu, 4 Juli 2012): Kelompok Marching Band menampilkan aksinya pada acara Apel Tahunan Khutbatul Arsy menyambut kedatangan santriwan dan santriwati baru di Pondok Pesantren Daar El Qolam 1  

       Kurang lebih sudah dua tahun menjadi alumni, tak serta merta membuatku bisa melupakan salah satu kegiatan tahunan ini. Apel Tahunan Khutbatul Arsy. Acara yang sengaja digelar setiap tahunnya untuk menyambut sekaligus memperkenalkan pondok pesantren kepada santriwan dan santriwati baru.

       Awalnya aku mengira kegiatan ini sebagai penyambutan akan adanya HUT RI, ternyata tidak. Kegiatan ini khusus diadakan oleh mereka para santriwan dan santriwati untuk menyambut kedatangan santri baru sebagai adik kelas mereka sekaligus mengenalkan kepada mereka yang baru mengenal pondok pesantren atau bahkan belum mengenal sama sekali Daar El Qolam.

       Acara biasanya akan dilaksanakan tepat pukul tujuh pagi. Biasanya para santri sudah menyiapkan diri dan tiba di lapangan tiga puluh menit sebelumnya untuk menyiapkan barisan mereka masing-masing, namun sebelumnya diwajibkan untuk mereka semua sarapan terlebih dahulu untuk menghindari santri yang jatuh pingsan saat pelaksanaan apel. Barisan dibedakan menurut tingkatan kelas. Aturan barisan biasanya dimulai dari bagian paling utara untuk kelas satu (satu SMP) dan berurutan terus untuk kelas berikutnya semakin ke selatan sampai pada kelas enam (tiga SMA), untuk santriwati. Dan sebaliknya untuk santriwan yang juga turut berbaris rapi tepat di sebrang santriwati berbaris. Dan untuk para guru (Asatidz) sudah dipersiapkan kursi-kursi yang sudah tertata rapi pada lantai dua dan tiga gedung M. Natsir, menghadap ke arah sebelah selatan.

       Dalam acara ini, biasanya akan diawali dengan penyambutan dari pemimpin pondok pesantren kepada para santri baru, selanjutnya pembacaan sejarah berdirinya pondok, pelafalan panca jiwa pondok dan moto pondok, dan pengenalan pondok lainnya.

       Sebagai penutup acara, biasanya akan diadakan doa bersama terlebih dahulu yang dipimpin langsung oleh pemimpin pondok ataupun pengasuh pondok. Barulah setelah itu akan diadakan penampilan-penampilan dari setiap ekstrakulikuler yang menunjukan ketangkasan mereka masing-masing. Mulai dari basket, futsal, senam, pramuka, marching dan lain-lain. Semua penampilan yang ditampilkan, sudah pasti ada maksudnya yaitu memperkenalkan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang difasilitaskan bagi mereka para santri pondok pesantren. Dan untuk penampilan marching seperti yang ada pada gambar di atas adalah sebagai salah contoh satunya.

       Karena itu, jangan takut ketinggalan jaman kalau kalian diminta untuk sekolah di sebuah pondok pesantren. Karena seperti pondok pesantrenku ini, tak kalah majunya dengan sekolah-sekolah umum lainnya di luar sana. Mulai dari Aula, Kantin, Klinik pengobatan, Lapangan olahraga, Laboratorium bahasa-komputer-IPA, Perpustakaan, Beasiswa, percakapan juga berbahasa formal Inggris-Arab, yang membantu kita untuk melafalkan dan tidak hanya secara teori bahasa di kelas.

       Ijazah juga sudah diakui negara, lhoo..!! Jangan takut nggak diterima di luar sanaaa..
 Nggak ragu deh pokoknyaaaa..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar